Tentang Quran Kemenag

Website Qur'an Kemenag merupakan aplikasi Mushaf Al-Qur'an digital yang dibuat oleh Kementerian Agama RI cq Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. Aplikasi ini disediakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan Mushaf Al-Qur'an dalam format digital.

Ayat Al-Qur'an dalam aplikasi ini menggunakan Mushaf Standar Indonesia Rasm Usmani. Aplikasi ini selain tersedia dalam format website, tersedia juga dalam format Android, iOS serta add-ins untuk Microsoft Word for Windows.

Selain teks Al-Qur'an lengkap 30 juz, aplikasi ini dilengkapi terjemah edisi penyempurnaan tahun 2019, tafsir ringkas dan tafsir tahlili. Terjemahan Al-Qur'an Edisi Penyempurnaan tahun 2019 merupakan hasil kajian dan penyempurnaan terhadap terjemahan Al-Qur'an tahun 2002 yang disesuaikan dengan perkembangan dinamika masyarakat dan bahasa Indonesia.

Penyempurnaan dan penyesuaian ini dilakukan secara menyeluruh meliputi beberapa aspek; 1) aspek bahasa dan pilihan kata dengan merujuk pada Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), 2) aspek konsistensi, khususnya dalam penerjemahan ayat yang sama, dan 3) aspek subtansi yang berkenaan dengan makna dan kandungan ayat.

Update pada aplikasi ini

  • Teks terjemah menggunakan Terjemahan Al-Qur'an Edisi Penyempurnaan tahun 2019, beserta dengan catatan kaki (footnote)
  • Pencarian terjemah dengan kata kunci tertentu, hasil pencarian kata yang sesuai ditampilkan dengan warna merah (highlight). Pencarian bersifat responsive yang akan menampilkan hasil pencarian setelah selesai mengetik kata yang dicari.
  • Tersedia opsi mode terang dan gelap, serta pemilihan warna teks Al-Qur'an.
  • Fixed header navigation untuk form pencarian dan dropdown surah serta ayat.
  • Menu dropdown pada tampilan detail ayat dengan tombol play tersendiri.
  • Pada saat menjalankan murottal, ayat yang sedang dibaca akan ditampilkan dengan warna hijau.